Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Instalasi Ubuntu 13.04 Di Virtual Machine Proxmox

Canonical baru saja merilis Ubuntu 13.04 Raring Ringtail yang merupakan versi paling anyar distro Linux paling populer itu. Bagi yang sudah memasang Ubuntu 12.10, ada dua opsi untuk upgrade ke versi terbaru. Opsi pertama melakukan dist-upgrade dengan mengganti repositori ke Raring Ringtail. Opsi ke-2 dengan menjalankan clean install alias instalasi ulang. Dua pilihan ini sama-sama punya kelebihan dan kekurangannnya masing-masing. Namun kali ini Tutorial Ngoprek akan membahas opsi nomor dua, melakukan instalasi Ubuntu 13.04 Raring Ringtail di atas Proxmox.

Download Ubuntu 13.04 Raring Ringtail


Karena instalasi akan kita lakukan di virtual machine, tidak akan ada petunjuk backup data dalam tutorial ini. Namun jika mengikuti petunjuk ini untuk instalasi di PC/latop, sangat disarankan untuk backup semua data di harddisk. Kita juga tidak akan melakukan partisi manual sehingga dapat dipastikan seluruh harddisk akan diformat dan dihapus datanya.

ISO image installer Ubuntu 13.04 dapat di-download dari berbagai server mirror baik dalam maupun luar negeri. Berikut beberapa server untuk mengunduh ISO Ubuntu 13.04.


Install Ubuntu 13.04 di Proxmox


Masuklah ke web administrasi Proxmox 1.9 kemudian buat sebuah virtual machine berbasis KVM. Arahkan Installation Media ke lokasi ISO Ubuntu Raring Ringtail.
Virtual machine Ubuntu 13.04

Hidupkan virtual machine ini untuk memulai instalasi. Di jendela Welcome, klik Install Ubuntu untuk melewati sesi live cd.
Install Ubuntu 13.04

Apabila tersambung ke Internet, kita juga dapat menjalankan instalasi dan update secara bersamaan. Biasanya saya menonaktifkan opsi ini karena hanya akan memperlambat proses pemasangan Ubuntu. Langsung saja klik Continue.
Preparing to install Ubuntu 13.04

Pembuatan partisi akan kita lakukan secara otomatis, pilihlah Erase disk and install Ubuntu di jendela Installation type. Lanjutkan dengan mengklik tombol Install Now.
Installation type Ubuntu 13.04

Tentukan zona waktu sesuai dengan lokasi di mana kita berada.
Time zone Ubuntu 13.04

Pilih jenis papan ketik yang kita gunakan. Kebanyakan papan ketik di Indonesia menggunakan layout English (US).
Keyboard layout Ubuntu 13.04

Tentukan username dan password untuk pengguna pertama di sistem ini. Pengguna ini nantinya bertindak sebagai admin/root dengan hak akses sudo. Klik Continue untuk memasuki proses instalasi ke harddisk.
Username dan password Ubuntu 13.04

Proses instalasi akan berlangsung beberapa saat. Restart virtual machine setelah instalasi Ubuntu 13.04 selesai.
Welcome to Ubuntu 13.04

Cara install ini merupakan cara paling cepat dan instan untuk memasang Ubuntu 13.04 Raring Ringtail namun dengan resiko kehilangan data paling besar. Itu sebabnya sangat saya sarankan untuk menggunakan virtual machine di Proxmox atau VirtualBox saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: