Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Trik Instalasi Ubuntu 13.04 Tanpa CD Dan Flashdisk

Beberapa hari yang lalu saya sudah melakukan Instalasi Ubuntu 13.04 Di Virtual Machine. Hasilnya membuat saya sedikit kecewa karena performa Ubuntu Raring Ringtail tidak begitu gegas di atas Proxmox. Bisa jadi penyebabnya adalah jumlah memori RAM yang saya alokasikan terlalu sedikit. Akhirnya saya putuskan untuk memasang di laptop saja. Namun saya sedikit kebingungan, mau dipasang pakai apa. CD kosong sedang tidak ada, flashdisk pun saya tidak punya. Untungnya saya ingat pernah melakukan trik Boot ISO Image Dari Harddisk, cocok sekali untuk mengatasi kasus ini.

Download Ubuntu 13.04


Saya asumsikan di laptop yang akan di-install sudah terpasang distro yang menggunakan GRUB versi 2. Bisa menggunakan Ubuntu versi sebelumnya atau distro Linux lainnya. Jalankan perintah berikut untuk memastikan:
grub-install -v
ISO image Ubuntu akan ditempatkan di direktori /boot/images sistem operasi yang sedang kita gunakan.
cd /boot
sudo mkdir images
cd images
wget http://goo.gl/c7DZl

 

Persiapan Instalasi


Reboot laptop setelah unduhan Ubuntu 13.04 selesai. Tekan tombol c di papan ketik untuk masuk ke command line mode di GRUB. Jalankan perintah berikut di prompt grub>:
ls
Apabila hasilnya menampilkan tampilan (hd0,5) (hd0,4) dan seterusnya berarti kita dapat melanjutkan trik ini. Kemudian muat beberapa modul yang diperlukan:
insmod linux
insmod loopback
insmod iso9660
Lanjutkan dengan memuat ISO image Ubuntu 13.04:
loopback loop (hd0,1)/boot/images/ubuntu-13.04-desktop-amd64.iso
Ganti (hd0,1) dengan nomor partisi di mana file ubuntu-13.04-desktop-amd64.iso berada. Jika partisi yang memuat file tersebut adalah /dev/sda2, maka (hd0,1) diganti dengan (hd0,2). Jika berada di /dev/sdb3, ganti dengan (hd1,3). Cek nomor partisi ini menggunakan perintah mount dari Ubuntu sebelum reboot tadi.

Sekarang kita panggil kernel dengan perintah berikut (ketik dalam satu baris tanpa menekan Enter):
linux (loop)/casper/vmlinuz.efi boot=casper iso-scan/filename="/boot/images/ubuntu-13.04-desktop-amd64.iso noeject noprompt
Terakhir kita harus memuat initial ramdisk dengan perintah berikut:
initrd (loop)/casper/initrd.lz
Lalu gunakan perintah berikut untuk menjalankan sesi live cd dari harddisk:
boot

 

Instalasi Ubuntu 13.04


Sebelum menjalankan instalasi dengan klik tombol Install to harddisk di Desktop, kita perlu menjalankan perintah berikut:
sudo umount -l /isodevice
Tanpa itu maka proses instalasi akan error karena ada satu partisi yang masih dalam status mounted. Dari sini proses instalasi akan sama seperti biasanya (baca artikel Instalasi Ubuntu 13.04 Di Virtual Machine). Trik instalasi Ubuntu 13.04 tanpa CD dan flashdisk ini sangat praktis digunakan untuk menghemat penggunaan CD.

2 komentar:

  1. Gan..ane newbie soal linux n sgt tertarik dgn os halal ni.. ane dah dapet iso ubuntu 12.04, masalhny fdisk ane mati, compi netbook..bingung nginstallnya, klo dari postingan agan os nya udah linux di compi ane
    yng ada win7..mhn bantuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Priyatna: Trik ini hanya berjalan kalau kita sudah masang Linux di laptop kita gan. Si aganmungkin lebih baik pake external CD-ROM aja.

      Hapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: