Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

7 Software/Aplikasi Wajib Ubuntu 13.04

Ubuntu 13.04 memang hadir dengan paket aplikasi yang cukup lengkap dalam instalasinya. Namun menambahkan software atau aplikasi baru tentu akan semakin menambah kelengkapan tersebut. Apalagi beberapa software maupun aplikasi yang cukup populer di kalangan pengguna Linux tidak terdapat di repositori resmi Ubuntu 13.04. Hal itu dapat terlihat dari kebanyakan software dan aplikasi dalam daftar ini harus diunduh dari situs resmi pembuatnya. Tanpa berpanjang cerita lagi, berikut adalah 7 software dan aplikasi wajib Ubuntu 13.04.

Google Chrome


Popularitas browser buatan raksasa internet Google ini kian hari memang kian menanjak. Basis penggunanya semakin mendekati Mozilla Firefox. Di masa depan mungkin akan benar-benar menyalip browser dengan logo Rubah Api itu. Fitur-fitur yang dihadirkan Google Chrome memang sangat memanjakan pengguna. Kecepatannya dalam memuat halaman web juga sangat mumpuni. Ribuan aplikasi dan plugin tersedia pula untuk menambah kehandalannya. Sayangnya instalasi versi terbaru sedikit bermasalah di Ubuntu 13.04, simak trik instalasinya di artikel Tutorial Instalasi Google Chrome.

Oracle Virtualbox


Virtualbox merupakan salah satu software virtualisasi desktop terbaik saat ini. Berbagai sistem operasi dapat berjalan dengan lancar di atasnya. Kemudahan penggunaan menjadi salah satu prioritas utama Virtualbox. Hal itu diwujudkan dengan kehadiran antarmuka GUI yang sangat mudah digunakan. Didukung pula oleh dokumentasi yang sangat lengkap. Simak cara instalasinya di artikel Instalasi Virtualbox 4.2.12 Di Ubuntu 13.04.

Skype


Aplikasi yang memungkinkan kita menelepon siapapun di seluruh dunia secara gratis ini memang cukup populer di kalangan pengguna Internet. Bisa dikatakan Skype adalah yang terbaik untuk software VoIP. Fitur-fiturnya sangat lengkap, mulai dari voice calling, video calling, sms, chatting, hingga conference calling. Semua itu dapat kita peroleh tanpa bayaran apapun alias gratis. Simak tutorial instalasinya di artikel Cara Install Skype Di Ubuntu 13.04.

Teamviewer


Masih berkaitan dengan dunia Internet, namun yang satu ini berjaya dalam urusan remote desktop. Teamviewer dapat kita gunakan untuk mengakses desktop suatu PC/laptop/server dari jarak jauh. Syaratnya dua-duanya harus terpasang software Teamviewer. Setelah terhubung, kita juga dapat merekam sesi yang sedang berlangsung menjadi video. Kita juga dapat mengadakan rapat jarak jauh dengan aplikasi ini. Cek artikel Instalasi Teamviewer Di Ubuntu 13.04 untuk panduan memasangnya.

Google Earth


Mau melihat bentuk tiga dimensi Bumi di PC? Gunakan saja Google Earth! Aplikasi ini mampu menampilkan Bumi lengkap dengan peta benua dan negara-negara di atasnya. Kita juga dapat melihat kota-kota besar dalam bentuk tiga dimensi, bahkan jika tersambung ke Internet akan tersedia pilihan untuk melihat suatu tempat dalam bentuk panoramio. Instalasinya cukup gampang, simak saja artikel Instalasi Google Earth di Ubuntu 13.04.

Adobe Flash Plugin


Aplikasi ini wajib ada di komputer mana pun juga. Karena jika tidak, kita tidak dapat menonton berbagai video menarik di Youtube dan situs penyedia video lainnya. Instalasi Flashplugin di Ubuntu 13.04 terbilang cukup mudah karena sudah tersedia di repo.

MP3 Codec


Ubuntu tidak menyertakan codec yang digunakan untuk memainkan MP3 karena alasan legal. Namun kita dapat dengan mudah melakukan Instalasi Ubuntu Restricted Extras untuk mendapatkan paket lengkap mulai dari codec MP3, dukungan DVD playback, hingga fonta Microsoft.

3 komentar:

  1. wah terima kasih atas informasinya..

    BalasHapus
  2. makasi infonyam salam kenall
    thank you :)

    BalasHapus
  3. Mantap gan..

    mampir juga ya di infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis.

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: