Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Belajar Linux Secara Mudah Dan Mandiri Menggunakan Otodidak

Banyak pengguna awam yang enggan menggunakan sistem operasi GNU/Linux karena mitos yang mengatakan Linux itu sulit. Linux itu hanya untuk para pengguna mahir saja, kata sebagian orang lagi. Sebagian lagi menggunakan alasan tidak mau susah-susah lagi belajar karena sudah nyaman dengan sistem operasi yang digunakan saat ini. Hal ini kadang diperparah karena sulitnya mencari referensi belajar Linux yang lengkap, terpadu, dan dapat digunakan di mana saja.


Aplikasi Otodidak hadir untuk mengatasi semua rintangan di atas. Aplikasi yang dikembangkan berawal dari keputusasaan seorang pemula Linux ini benar-benar dirancang untuk para pemula Linux. Installer-nya bahkan tersedia untuk hampir semua sistem operasi, mulai dari berbagai macam distro Linux hingga MacOS X dan bahkan Windows.

Tersedia dua tingkatan saat kita pertama kali membuka Otodidak: pemula dan lanjutan. Salah satu fitur paling menarik di tingakatan pemula adalah simulator terminal. Dengan fitur ini kita bisa mempelajari berbagai perintah dasar linux mulai dari manipulasi direktori dan file, file permission, hingga manajemen proses. Hasil dari setiap perintah yang kita eksekusi diilustrasikan menggunakan tampilan terminal dan GUI. Cukup menarik menurut saya.

Selain itu, fitur-fitur menarik lainnya seperti pengenalan Ubuntu dan beberapa distro Linux lainnya, cara melakukan instalasi aplikasi, cara melakukan instalasi kodek MP3, hingga daftar berbagai modem yang kompatibel dengan Ubuntu.

Ketika mengklik tombol Ubuntu pada jendela di atas, kita akan dibawa pada menu pengenalan Ubuntu yang dibagi lagi menjadi tiga bagian mulai dari pengenalan berbagai distro, pengenalan bermacam-macam lingkungan desktop di Linux, dan perbandingan aplikasi Windows dengan Linux.

Menu Instal Aplikasi akan membimbing kita step by step penggunaan package manager untuk melakukan instalasi berbagai macam aplikasi di Ubuntu.

Menu MP3 menunjukkan cara melakukan instalasi codem untuk memutar file MP3 di Ubuntu. Terdapat juga aplikasi MP3 player yang dapat kita gunakan di Ubuntu.

Sedangkan di bagian modem terdapat daftar modem-modem yang kompatibel dengan Ubuntu dan cara instalasinya. Sayangnya daftar ini masih sangat terbatas pada beberapa modem Smartfren.

Jika berminat menggunakannya silakan unduh installer yang tersedia untuk berbagai sistem operasi di blog pembuat aplikasinya. Installer untuk distro Debian dan turunannya dapat diunduh langsung dari tautan ini. Secara keseluruhan saya memiliki pendapat yang positif untuk aplikasi ini. Aplikasi ini dapat menjadi pegangan untuk para pengguna awam yang baru mencoba Linux.

6 komentar:

  1. Blog nya keren gan,, widgetnya bagus-bagus dan artikelnya unik-unik hehe :D


    .
    .

    .
    Kunjungi juga : BLOG TAUFIQ RAHMAN



    Atau : www.rahman371.wordpress.com


    Makasih :)

    BalasHapus
  2. aplikasi yang sangat bermanfaat gan
    smoga ilmunya nambah terus :D

    BalasHapus
  3. izin sedot gan...thaks ilmunya...

    BalasHapus
  4. Kren gan , boleh minta kontak agan ga ?

    BalasHapus
  5. arikelnya kurang lengkap

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: