Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Proxmox: Setting Storage NFS Share

NFS (Network File System) mempunyai peranan yang cukup vital di Proxmox VE. Kita dapat meningkatkan kapasitas media penyimpanan secara signifikan dengan menggunakan metode ini. Selain itu fungsi backup di Proxmox tidak dapat berjalan apabila kita belum melakukan setting NFS Share storage. Hal ini dikarenakan sistem backup di Proxmox hanya dapat menggunakan media penyimpanan NFS sebagai target penyimpanan berkas-berkas backup. Menambahkan storage bertipe NFS bukanlah pekerjaan yang sulit di Proxmox, kita cukup menggunakan web administrasi.

Dalam Tutorial Ngoprek ini server target kita adalah OpenFiler dengan NFS. Setelah login ke web administrasi Proxmox, klik menu Storage di menu panel sebelah kiri. Selanjutnya klik tombol panah merah ke bawah di tab Storage List, pilih Add NFS Share dari menu pop up yang muncul.
Storage List Proxmox

Aksi di atas akan membawa kita ke jendela konfigurasi NFS Storage. Pertama-tama isi alamat IP server OpenFiler di field Server kemudian klik tombol scan. Pilih direktori yang di-share menggunakan NFS share di field Export. Tentukan juga jenis Content yang akan kita simpan di storage ini. Terakhir, isikan nama storage di field Storage Name sebelum klik tombol save.
Tambahkan NFS Share ke Proxmox

Kembali ke menu utama Storage List. Seharusnya kita sudah memiliki satu storage baru di daftar media penyimpanan dengan tipe NFS.
Daftar storage Proxmox

Dari daftar ini kita dapat mengedit konfigurasi storage dengan cara klik pada tombol panah merah ke bawah di samping nama storage. Nantinya kita akan menggunakan NFS Share storage sebagai media backup mesin-mesin virtual di atas Proxmox VE.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: