Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Openfiler: Volume Group Management

Selesai melakukan Instalasi Openfiler Unified Storage bukan berarti tugas kita sebagai seorang sysadmin sudah selesai. Agar dapat digunakan secara maksimal kita harus menambahkan setidaknya satu volume group yang nantinya berfungsi sebagai storage yang akan kita share ke server atau user. Dalam Tutorial Ngoprek kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana cara melakukan management volume group di distro Linux Openfiler.

Sebelum melanjutkan, tambahkan dua harddisk baru ke virtual machine Openfiler (baca caranya di tutorial Menambahkan Harddisk Baru Di Virtualbox). Dua harddisk baru ini nantinya akan kita gabungkan dalam volume group di Openfiler. Lalu login lah ke web administrasi menggunakan user: openfiler dan password: password. Selanjutnya pilih tab Volumes di menu sebelah atas.

Tampak bahwa kita belum mempunyai satu pun physical volume. Klik tautan create new physical volumes untuk memilih harddisk yang akan ditambahkan.

Kita memiliki tiga harddisk yang terpasang, dua di antaranya (/dev/sdb dan /dev/sdc) belum terpakai. Klik pada disk pertama yaitu /dev/sdb pada kolom Edit Disk. Di jendela selanjutnya kita akan membuat partisi pada disk ini.

Pastikan pada kolom Partition Type yang terpilih adalah Physical volume. Selebihnya dapat kita biarkan default, lalu klik tombol Create. Ketika proses ini selesai kita harus menambahkan physical volume tersebut ke dalam volume group.

Pada isian di atas, tentukan nama untuk volume group yang dibuat. Kemudian klik tombol Add volume group. Sampai di sini proses untuk disk pertama sudah selesai. Ulangi langkah-langkah ini untuk membuat physical volume untuk disk ke-2.

Namun untuk disk ke-2 kita tidak perlu lagi membuat volume group baru. Kita akan menambahkannya pada volume group disk pertama. Caranya pada tahap terakhir, klik Add PVs di kolom Add physical storage. Seperti tampak pada gambar berikut.

Terakhir kita harus menambahkan logical volume. Caranya, klik Add Volume di menu panel sebelah kanan seperti pada gambar pertama.

Isikan nama logical volume dan keterangannya. Tentukan pula berapa besar ruang kapasitas untuk volume ini. Untuk pilihan filesystem, gunakan Ext3. Lalu klik tombol Create. Pada tahapan ini pekerjaan menambahkan volume group di Openfiler sudah selesai.

Selanjutnya kita dapat mengaktifkan layanan berbagi file seperti Samba, NFS, FTP, WebDAV, dkk di Openfiler Unified Storage sehingga user dan/atau server dapat memanfaatkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: