Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Upgrade Virtualbox Ke Versi Terbaru Di Ubuntu

Tanpa saya sadari ternyata Virtualbox yang kini menjadi milik Oracle sudah mencapai versi 4.2.10. Sementara itu software virtualisasi desktop ini yang nongol di Ubuntu 10.04 di laptop milik saya adalah versi 3.2.4. Perbedaannya cukup jauh, artinya ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan upgrade Virtualbox ke versi terbaru.

Sebenarnya kalau rutin menggunakan Virtualbox, kita pasti diingatkan untuk melakukan upgrade setiap kali ada rilis baru dari Oracle.

Dari informasi tersebut kita bisa langsung mengunduh versi terbaru Virtualbox. Sayangnya Oracle belum menyediakan metode upgrade yang lebih baik sehingga kita harus melakukannya secara manual. Tentunya dengan terlebih dahulu melakukan uninstall seperti ini:
sudo apt-get remove

Ingat untuk mematikan Virtualbox dan semua virtual machine yang ada di atasnya saat menjalankan perintah di atas. Sesudahnya barulah kita lakukan instalasi Virtualbox terbaru yang sudah kita unduh.
cd Downloads
wget http://goo.gl/uwSqY
sudo dpkg -i virtualbox-4.2_4.2.10-84104~Ubuntu~lucid_amd64.deb

Installer untuk Ubuntu versi lain dan distro selain Ubuntu bisa diunduh di situs resminya. Kemudian pastikan juga Virtualbox sudah menjadi versi terbaru dengan melihatnya di menu Help -> About.

Demikianlah tutorial ngoprek kali ini, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan yang membutuhkannya. Jike membutuhkan bantuan, jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan pertanyaan, kritik, maupun saran di kolom komentar.

1 komentar:

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: