Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Howto: Recover Password Admin Di IPCop 2.0.3

Kita baru saja selesai melakukan instalasi IPCop. Kita juga sudah menjadikannya sebagai server proxy dan server dhcp. Semua berjalan lancar sampai pada suatu saat kita hendak melakukan konfigurasi tambahan. Kita langsung mengakses antarmuka web IPCop, lalu login seperti biasanya. Sayang sekali sampai percobaan kesekian kalinya login belum juga berhasil. Wah sepertinya kita kelupaan password admin. Bagaimana ini? Apa yang harus kita lakukan?

Tenang, tarik nafas dulu yang dalam. IPCop sudah menyediakan kakas untuk tugas recovery password admin. Tutorial Ngoprek akan menunjukkan bagaimana caranya. Karena kakas yang disediakan berbasis command line, satu syarat utama untuk berhasil melakukan trik ini adalah kita masih punya akses ke server IPCop. Baik akses secara fisik maupun remote menggunakan SSH. Jika sudah mendapatkan akses ke terminal, eksekusi perintah:
setup
Kemudian sorot Passwords setelah menu seperti ini muncul. Kemudian tekan tombol Enter.

Pilih user admin di layar berikutnya. Lalu tekan Enter.

Isikan password baru untuk user admin. Jangan lupa untuk konfirmasi dengan mengetik kembali password yang sama. Terakhir tekan kembali tombol Enter.

Selesai. Trik ini juga dapat digunakan untuk me-reset kata laluan user backup, dial, maupun root di IPCop.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: