Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konfigurasi Jaringan Ubuntu 13.04 Dengan Network Manager

Tutorial Ngoprek kali ini akan membahas konfigurasi jaringan di Ubuntu 13.04 versi desktop. Tool yang akan digunakan adalah Network Manager yang berbasis GUI. Jika ingin mencoba melakukan pengaturan melalui terminal (command line) silakan membaca artikel sebelumnya, Konfigurasi Jaringan di Ubuntu Server 12.04. Walaupun tutorial tersebut menggunakan Ubuntu versi server, namun cara yang sama dapat diterapkan untuk versi desktop. Cara tersebut bahkan dapat juga diterapkan untuk distro Linux lainnya yang berbasis Debian.

Baiklah, tanpa berpanjang cerita lagi klik ikon Network Manager yang terletak di pojok kanan panel atas. Pilih Edit Connections...
Edit network connections

Pilih Wired connection 1 di jendela yang muncul, kemudian klik tombol Edit...
Edit wired network

Masuk ke tab IPv4 Settings di jendela Editing Wired connection 1. Di field Method, pilih Manual.
Manual IP assignment

Klik tombol Add lalu masukkan alamat IP, netmask, dan gateway di kolom di bawah Address. Tentukan juga alamat server DNS dan domain yang akan di-query secara default.
Konfigurasi jaringan Ubuntu 13.04

Simpan konfigurasi jaringan ini dengan klik pada tombol Save... Uji coba dengan melakukan ping ke salah satu host yang ada di jaringan. Pastikan kita mendapatkan reply dari host bersangkutan. Jika belum, periksa kembali pengaturan alamat IP tadi dan cek juga sambungan kabel ke PC/laptop kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: