Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Setting Local Proxy Authentication Di IPCop 2.0.3

Ada kalanya kebijakan di kantor/instansi kita mengharuskan adanya autentikasi untuk berbagai layanan yang tersedia, termasuk akses Internet melalui proxy IPCop. Jika menggunakan proxy Squid yang di-install secara manual, mungkin kita akan butuh usaha lebih keras untuk membuat autentikasi ini. Untungnya IPCop sudah menyediakan cara yang sangat mudah. Melalui web administrasi IPCop, kita tinggal klik beberapa tombol saja dan autentikasi proxy sudah jadi.

Authentication Method


IPCop menyediakan lima metode autentikasi proxy Squid:
  1. local, metode ini menggunakan autentikasi internal milik server IPCop itu sendiri. Cocok digunakan di perusahaan dengan jumlah pengguna kecil (SOHO).
  2. identd, metode ini cocok digunakan jika proxy Squid harus beroperasi secara transparent.
  3. LDAP, metode ini menggunakan autentikasi eksternal berupa server LDAP.
  4. Windows, metode ini cocok digunakan jika manajemen user terdapat di sistem Active Directory.
  5. RADIUS, sama halnya seperti LDAP metode ini menggunakan autentikasi eksternal berupa server RADIUS.
Di antara semua metode ini, local authentication adalah yang paling mudah dan sederhana. Metode ini pula yang  akan dibahas dalam artikel Tutorial Ngoprek kali ini.

Karena secara default IPCop tidak menerapkan autentikasi pada proxy, pertama-tama kita harus mengaktifkannya dari menu Services -> Proxy. Scroll ke bagian paling bawah untuk menemukan bagian Authentication method.
IPCop authentication method

Gantilah pilihan None menjadi local, kemudian klik tombol Save.

User Management


Sekarang kita harus membuat minimal satu user untuk login ke layanan proxy di IPCop. Klik tombol User management untuk memulai.
IPCop proxy user management

Di jendela berikutnya tentukan username dan password untuk user pertama kita, group biarkan saja tetap menggunakan pilihan Standard. Klik tombol Create user.
Create proxy user

Setelah membuat user, kita juga dapat mengubah password dan group serta menambahkan user lainnya dari menu ini.
Edit proxy user di IPCop

Waktunya untuk mencoba apakah autentikasi ini sudah berjalan dengan benar. Pastikan setting proxy di browser sudah menggunakan alamat server IPCop. Selanjutnya cobalah untuk membuka salah satu alamat situs di Internet. Seharusnya akan ada tampilan autentikasi seperti tampak pada gambar di bawah ini sebelum kita bisa berselancar ke mana-mana.
Authentication required

Harap diingat bahwa autentikasi tidak dapat berjalan jika Squid menggunakan transparent mode.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: