Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Memahami 4 Tipe Virtual Network Di Virtualbox

Selain sebagai alat untuk belajar virtualisasi server, saya juga sering memanfaatkan Virtualbox untuk belajar jaringan komputer. Sangat berguna sekali untuk menghemat biaya membeli komputer fisik, switch, router, dll. Dengan membuat beberapa virtual machine lalu menghubungkannya dalam satu jaringan di Virtualbox, kita bisa bereksperimen dengan berbagai konfigurasi jaringan. Virtualbox sendiri menyediakan beberapa tipe virtual network yang dapat kita manfaatkan untuk berbagai eksperimen. Dengan memahami tipe-tipe virtual network mode di Virtualbox kita akan semakin mudah menentukan mana yang akan digunakan untuk eksperimen.

NAT (Network Address Translation)


NAT adalah tipe virtual network default di Virtualbox. Artinya jika kita tidak memilih tipe jaringan yang lain maka secara otomatis mode yang digunakan adalah NAT. Dalam mode ini, virtual machine yang kita install di dalam Virtualbox dapat terhubung ke Internet sehingga kita bisa browsing, menerima email, mengunduh file, atau chatting dari dalam sistem operasi guest. Virtual machine tersebut juga dapat menghubungi host tetapi tidak sebaliknya. Untuk mengakses layanan yang ada di dalam virtual machine dari host, kita dapat menggunakan port forwarding di mode NAT.

Bridged Adapter


Dalam mode bridged adapter, virtual machine di dalam Virtualbox terhubung secara langsung ke jaringan yang sama dengan  jaringan milik host machine. Jika terdapat lebih dari satu ethernet di host, maka kita harus memilih ke jaringan yang mana virtual machine hendak disambungkan. Alamat IP yang kita berikan ke virtual machine haruslah dari subnet yang sama dengan jaringan di mana host machine tersambung. Mode ini sangat cocok untuk membuat emulasi jaringan atau menjalankan server di dalam Virtualbox.

Internal Network


Tipe ini memungkinkan kita untuk membuat beberapa virtual machine yang saling terhubung secara internal. Pengertian secara internal dalam hal ini adalah sesama virtual machine yang tersambung ke suatu internal network dapat saling menghungi melalui jaringan. Namun jaringan ini sifatnya terisolasi dari dunia luar sehingga virtual machine tidak dapat mengakses host machine atau Internet, demikian juga sebaliknya.

Host-only Adapter


Dalam tipe jaringan ini, virtual machine dapat mengakses host machine dan sebaliknya host machine juga dapat mengakses virtual machine. Host dan virtual machine yang menggunakan tipe jaringan host-only adapter berada dalam satu jaringan yang sama menggunakan ethernet berbasis software. Pada saat memilih mode ini, akan ada satu ethernet tambahan yang muncul di host machine. Kita harus melakukan setting host-only adapter terlebih dulu karena jika tidak maka akan muncul error no host-only network adapter selected.

Selain 4 tipe virtual network Virtualbox di atas masih terdapat dua mode yang jarang digunakan, yaitu Not attached dan Generic network. Kita dapat saja menggunakan lebih dari satu tipe jaringan untuk membuat simulasi jaringan yang lebih kompleks menggunakan beberapa virtual machine.

6 komentar:

  1. saya pake VMware.. jaringannya pake NAT mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga butuh yg macam-macam kayaknya emang enak pake NAT aja

      Hapus
  2. saya menggunakan windows7, kemudian di virtualbox pake linux, gimana caranya OS yg di vBox bisa jadi web server tanpa menggunakan perangkat keras tambahan? kemudian bisa diakses pake OS yg windos 7, dan bisa melakukan upload+downlad file ke server

    ditunggu tutorialnya :D

    BalasHapus
  3. ini pa an sih gagal faham ane

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: