Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Konfigurasi Jaringan Server CentOS Di Proxmox

Walaupun sama-sama distro GNU/Linux, ada sedikit perbedaan konfigurasi jaringan di CentOS dengan Ubuntu. Perbedaan ini terutama terletak pada letak dan isi berkas yang menyimpan konfigurasi. Di tutorial sebelumnya, saya sudah menjelaskan Konfigurasi Jaringan Di Ubuntu Server 12.04. Distro turunan Debian pada umumnya menggunakan berkas /etc/network/interfaces untuk pengaturan jaringan tiap-tiap ethernet. Artikel Tutorial Ngoprek kali ini akan mengupas cara pemberian alamat IP pada distro CentOS yang dipasang di atas Promox sebagai virtual machine berbasis OpenVZ.

Konfigurasi Jaringan Sementara


Di CentOS versi desktop sebenarnya kita dapat menggunakan tool system-config-network yang berbasis GUI. Namun karena kita menggunakan versi server maka tidak ada pilihan lain kecuali menggunakan baris perintah di terminal. Untuk konfigurasi jaringan yang bersifat sementara, kita dapat menggunakan perintah berikut dari terminal.
ip addr add 10.10.10.220/24 dev eth0
Ganti alamat 10.10.10.220/24 dengan alamat IP yang hendak diberikan ke server dan eth0 dengan nama interface milik CentOS. Kemudian kita perlu menjalankan perintah di bawah ini untuk memaksa eth0 ke status up.
ifconfig eth0
Untuk menampilkan daftar interface jaringan yang dimiliki server kita dapat menggunakan perintah:
ip addr sh
Perhatikan bahwa semua perintah di tutorial ini dieksekusi sebagai root.
Perintah menambahkan alamat IP di CentOS

Konfigurasi Jaringan Permanen


Kita harus mengubah berkas yang ada di direktori /etc/sysconfig/network-scripts/. Setiap satu ethernet diatur oleh satu berkas. Sebagai contoh untuk memberikan alamat IP permanen untuk eth0 maka kita harus mengubah file ifcfg-eth0.
vim /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-eth0
Isinya adalah:
DEVICE=eth0
HWADDR=
ONBOOT=yes
BOOTPROTO=none
IPADDR=10.10.10.220
NETMASK=255.255.255.0
GATEWAY=10.10.10.254
TYPE=ETHERNET
Isi HWADDR dengan alamat MAC dari eth0. Field ONBOOT menentukan apakah eth0 akan diaktifkan atau tidak saat server pertama kali dihidupkan. BOOTPROTO jika diisi dengan none artinya lamat IP yang diberikan bersifat statis dan haru ditetapkan di berkas ini, sedangkan jika diisi dengan dhcp artinya kita tidak perlu menuliskan baris IPADDR, NETMASK, dan GATEWAY di sini. Semuanya akan diperoleh secara otomatis dari server DHCP.

Aktifkan konfigurasi ini dengan me-restart layanan jaringan.
/etc/init.d/network restart
Restart layanan jaringan

Dengan melakukan konfigurasi jaringan permanen ini, setiap kali kita menghidupkan virtual machine CentOS di Proxmox maka secara otomatis alamat IP yang sama akan diberikan ke eth0.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: