Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tutorial Proxmox: Menambah Harddisk Baru Ke Virtual Machine

Mesin server yang berjalan di atas virtualisasi memiliki keistimewaan dibandingkan mesin server fisik. Salah satunya kemampuan untuk menambahkan hardware dalam keadaan virtual machine masih hidup, istilah kerennya hot swap. Kebanyakan server fisik terbaru mungkin sudah mempunyai fitur ini namun jumlah hardware yang dapat ditambahkan sangat tergantung pada dukungan slot di mother board. Tidak begitu halnya dengan server di virtual machine. Salah satu perangkat keras yang sering kali harus ditambahkan ke server adalah harddisk. Jika dikombinasikan dengan server NAS seperti Openfiler, maka kita bisa menambahkan harddisk ke virtual machine dengan kapasitas tak terbatas.

Di Proxmox VE, kita dapat menambahkan harddisk langsung dari web administrasi tanpa menggunakan command line sama sekali. Tutorial Ngoprek ini merupakan panduan untuk menambahkan harddisk ke sebuah virtual machine berbasis KVM. Langkah yang sama dapat diterapkan juga untuk virtual machine berbasis OpenVZ.

Seperti biasa, login-lah terlebih dahulu ke web administrasi Proxmox VE. Klik pada nama virtual machine yang akan ditambahkan harddisk di menu Virtual Machine Lists. Kemudian pindah ke tab Hardware di jendela Virtual Machine Configuration. Untuk menambahkan harddisk, klik pada tombol panah merah ke bawah dan pilih Add a hard disk dari menu pop up yang muncul.
Tambah haddisk di Proxmox

Selanjutnya tentukan:
  • Disk Storage, apakah menggunakan local (dir) atau storage jenis lainnya.
  • Disk space, berapa besar kapasitas untuk hard disk baru ini
  • Image format, Proxmox menyediakan raw, qcow2, dan vmdk.
  • Bus, apakah menggunakan SCSI, IDE, atau VIRTIO.
  • Device, nomor dari dari device bus terpilih.
Berikutnya klik tombol create apabila semua opsi di atas telah ditentukan.
Detail harddisk baru Proxmox

Di akhir penambahan harddisk baru ini, kita akan melihat satu entry baru di tab Hardware di bagian harddisk pada virtual machine bersangkutan.
Daftar hardware virtual machine

Hardware dan harddisk baru lainnya dapat kita tambahkan dengan cara yang sama. Selamat mengoprek!

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: