Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kumpulan Tips dan Trik Ubuntu 13.04

Begitu selesai melakukan instalasi Ubuntu 13.04, ada banyak hal yang harus kita lakukan. Mulai dari memasang berbagai aplikasi wajib untuk mendukung kebutuhan maupun pekerjaan kita hingga melakukan berbagai tweak untuk menyesuaikan penampilan desktop dengan keinginan kita. Bahkan mungkin beberapa orang akan mengganti desktop Unity dengan KDE, Gnome, MATE, atau Cinnamon. Saya pribadi masih cukup nyaman menggunakan Unity di Ubuntu 13.04 walaupun ada beberapa hal yang cukup mengganggu.

Berikut ini beberapa tips dan trik Ubuntu 13.04 yang sudah saya lakukan sejauh ini.
  1. Instalasi Ubuntu di Proxmox, trik ini dapat kita gunakan untuk sekedar mencoba rilis terbaru sebelum benar-benar melakukan upgrade.
  2. Instalasi tanpa CD atau flashdisk, trik ini sangat berguna untuk menghemat pengeluaran membeli CD setiap kali kita melakukan install ulang.
  3. Setting modem AHA, koneksi internet sangat kita butuhkan untuk update dan install aplikasi dari repositori.
  4. Install Adobe Flashplugin, kita butuh plugin ini agar dapat memutar video di Youtube dan situs lainnya.
  5. Install codec MP3, tanpa codec ini MP3 player di Ubuntu 13.04 tidak dapat memainkan lagu-lagu berformat MP3.
  6. Setting repositori ke mirror lokal, instalasi default Ubuntu 13.04 menggunakan server luar negeri untuk akses repo. Sebaiknya kita ganti ke mirror lokal agar download paket lebih cepat.
  7. Konfigurasi jaringan dengan Network Manager, biasanya saya menggunakan command line untuk pengaturan ini tapi di Ubuntu 13.04 tak ada salahnya mencoba GUI.
  8. Mount harddisk otomatis, supaya berkas-berkas kita dapat langsung diakses tanpa perlu melakukan mount berulang kali.
  9. Google public DNS dan AHA, trik ini untuk menghindari pemblokiran konten Internet yang dilakukan provider dan Kominfo.
  10. Integrasi media sosial, salah satu kelebihan Ubuntu 13.04 adalah integrasi yang cukup dalam dengan media sosial.
  11. Mengaktifkan workspace, saya sudah terbiasa menggunakan fitur ini ketika Ubuntu masih menggunakan Gnome sebagai desktop.
Sejauh ini saya cukup puas dengan Ubuntu 13.04. Ke depannya mungkin masih perlu melakukan berbagai eksplorasi dan tweak lagi. So, stay tune terus di blog Tutorial Ngoprek untuk mendapatkan artikel terbaru tentang Ubuntu, Linux, dkk.

4 komentar:

  1. KAlo untuk tutorial lazarus ada gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Randy Getek: Sepertinya dulu ada seorang rekan di KLAS yg pernah menulis tentang Lazarus ini, nanti saya coba cari dulu tautan ke blog beliau.

      Hapus
  2. Artikelnya Bagus…

    Kunjungi blog

    BalasHapus

Tuliskan komentar, saran, maupun kritik di sini: